FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KADAR HEMOGLOBIN

Image result for hemoglobin

Faktor - faktor yang mempengaruhi kadar hemoglobin yaitu :

Internal :
1. Kecukupan Besi dalam tubuh
Besi berperan dalam sintesis hemoglobin dalam sel darah merah dan mioglobin dalam sel otot. Kurang lebih 4 % besi di dalam tubuh berada sebagai mioglobin dan senyawa-senyawa besi sebagai enzim oksidatif. Walaupun jumlahnya sangat kecil namun mempunyai peranan yang sangat penting. Mioglobin ikut dalam transport oksigen dan memegang peranan penting dalam proses oksidasi menghasilkan ATP, sehingga apabila tubuh mengalami anemia gizi besi maka terjadi penurunan kemampuan kerja. (WHO dalam Zarianis, 2006)

2. Metabolisme Besi dalam Tubuh
Ada 2 bagian besi dalam tubuh yaitu bagian fungsional yang dipakai untuk keperluan metabolik dan bagian yang merupakan cadangan. Hemoglonbin, mioglobin, sitokrom, enzim hem & non heme adalah bentuk besi fungsional dan berjumlah 25-55 mg/kg BB. sedangkan besi cadangan apabila digunakan untuk fungsi-fungsi fisiologisnya jumlahnya 5-25 mg/kg BB. Feritin & hemosiderin adalah bentuk besi cadangan yang biasanya terdapat dalam hati, limpa & sumsum tulang. Metabolisme besi dalam tubuh terdiri dari proses absorpsi, pengangkutan, pemanfaatan, penyimpanan dan pengeluaran ( Zarianis, 2006)


3. Keasaman / pH
Keasaman bertambah & kadar ion H+ meningkat akan melemahkan ikatan antara O2 dan Hb sehingga Afinitas Hb terhadap O2 berkurang sehingga Hb melepaskan lebih banyak O2 ke jaringan.

4. Tekanan Parsial O2
Apabila PO2 darah meningkat, Hb berikatan dengan sejumlah O2 mendekati 100% jenuh, afinitas Hb terhadap O2 bertambah dan kurva digosiasi O2 Hb bergerak ke kiri dan sebaliknya.

5. Tekanan Parsial CO2 
PCO2 darah meningkat dikapiler sistemik, CO2 berdisfusi dari sel ke darah mengikuti penurunan gradien menyebabkan penurunan afinita Hb terhadap O2, kurva disosiasi O2 Hb bergeser ke kanan dan sebaliknya.

6. Temperatur atau suhu
Panas yang dihasilkan dari reaksi metabolisme dari kontraksi-kontraksi otot melepaskan banyak asam & panas menyebabkan temperatur tubuh naik dan sel aktif perlu banyak O2 memacu pelepasan O2 dari Oksi Hb. kurva bergeser ke kanan
(Murray, 2009)


Eksternal :
1. Reagen
Reagen adalah bahan pereaksi yang harus selalu baik kualitasnya mulai saat penerimaan, semua reagen yang harus dibeli diperhatikan nomor lisensi kadaluarsanya, keutuhan wadah/botol/cara transportasinya.

2. Metode
Petugas laboratorium harus senantiasa bekerja dan mengacu pada metode yang digunakan.

3. Bahan Pemerikasaan
Meliputi : cara pengambilan spesimen, pengiriman, penyimpanan, dan persiapan sampel

4. Lingkungan
Berupa keadaan ruang kerja, cahaya, suhu ruang, luas & tata ruang.

Daftar Pustaka
Zarians, 2006, Efek Suplementasi Besi-Vitamin C dan Vitamin C terhadap Kadar Hemoglobin Anak Sekolah Dasar Yang Anemia Di Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, Tesis Program Magister Gizi Masyarakat Universitas Diponegoro.

Murray, Robert K, 2009, Biokimia Harper Edisi 25, EGC, Jakarta


No comments:

Post a Comment